Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Pelayanan Kependudukan Terpadu Kota Malang Menggunakan Metode Human Centered Design

Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Pelayanan Kependudukan Terpadu Kota Malang Menggunakan Metode Human Centered Design

Penulis

  • Ferdinan Oky Fahrerri Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Herman Tolle Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Ratih Kartika Dewi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Abstrak

Dispendukcapil merupakan dinas yang menangani pembuatan berkas kependudukan dan pencatatan sipil Kota Malang. Dalam pelaksanaannya, proses pengurusan berkas di Dispendukcapil Kota Malang masih terdapat kekurangan sehingga menyebabkan banyak keluhan masyarakat. Mulai dari waktu pelayanan yang relative lama, proses pengurusan yang rumit, tidak ada estimasi waktu selesai, hingga keluhan masyarakat untuk harus sering datang ke kantor Dispendukcapil guna mengetahui apakah berkas kependudukan yang diurus sudah selesai. Dispendukcapil pernah mengeluarkan aplikasi pelayanan akta kelahiran pada tahun 2018. Akan tetapi sampai tahun 2020 hanya tercatat lima orang saja yang terdaftar melakukan pengurusan akta kelahiran melalui aplikasi tersebut karena mengalami kesulitan. Sehingga aplikasi pelayanan kependudukan terpadu ini memerlukan perancangan User Experience (UX) untuk dapat digunakan masyarakat secara mudah dan efisien. Pendekatan yang digunakan dalam perancangan aplikasi ini adalah Human Centered Design (HCD). HCD merupakan pendekatan untuk pengembangan sistem interaktif yang bertujuan membuat sistem dengan berfokus pada kebutuhan pengguna serta dapat meningkatkan kepuasan pengguna. Hasil akhir dari perancangan UX ini berupa high-fidelity prototype. Prototype tersebut kemudian dievaluasi menggunakan metode heuristic evaluation dengan melibatkan tiga expert sebagai evaluator. Terdapat enam belas temuan masalah usability setelah dilakukan evaluasi. Setelah dilakukan proses konsolidasi evaluator terdapat sepuluh temuan masalah yang harus diperbaiki Proses perbaikan desain solusi dilakukan sesuai dengan saran yang telah diberikan evaluator

Unduhan

Diterbitkan

14 Jan 2021

Cara Mengutip

Fahrerri, F. O., Tolle, H., & Dewi, R. K. (2021). Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Pelayanan Kependudukan Terpadu Kota Malang Menggunakan Metode Human Centered Design. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(1), 60–69. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/8383

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...