Analisis Usability Aplikasi Mobile Layanan Paspor Online Menggunakan Metode Usability Testing (Studi Kasus : Kantor Imigrasi Kelas I Malang)
Kata Kunci:
aplikasi layanan paspor online, usability, usability testing, kuesioner system usability scaleAbstrak
Layanan Paspor Online merupakan sebuah aplikasi berbasis mobile untuk pendaftaran antrian paspor secara Online yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi Indonesia yang telah diterapkan di Kantor Imigrasi Kelas I Malang. Namun pada penerapannya terdapat permasalahan seperti penggunaan warna yang terlalu mencolok, proses pendaftaran yang rumit, desain kurang menarik serta kurang user friendly dimana masyarakat yang kurang memiliki pengetahuan terhadap teknologi mengalami kesulitan dalam menggunakan aplikasi ini. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu dilakukan analisis dan perbaikan antarmuka pengguna menggunakan metode usability testing. Aspek usability yang digunakan dalam metode ini adalah learnability, efficiency, error dan satisfaction. Responden yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 5 orang untuk usability testing dan 20 orang untuk kuesioner System Usability Scale. Responden yang terlibat memiliki latar belakang yang berbeda dengan rentang usia 20-50 tahun. Hasil aspek learnability yang diukur menggunakan metrik success rate meningkat dari sebelum perbaikan sebesar 90% menjadi 98,6% setelah perbaikan. Aspek efficiency yang diukur menggunakan metrik time based efficiency meningkat dari sebelum perbaikan 0,2 goals/sec menjadi 0,3 goals/sec. Aspek error yang diukur menggunakan metrik defective rate menurun dari 8,90% menjadi 1,1%. Aspek satisfaction yang diukur menggunakan kuesioner System Usability Scale meningkat dari skor 66 menjadi 77. Dari hasil tersebut, perbaikan yang diberikan terhadap aplikasi Layanan Paspor Online dapat memperbaiki permasalahan yang ditemukan.