Evaluasi Usability Dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Aplikasi MejaKita Menggunakan Metode Goal-Directed Design (GDD)
Kata Kunci:
evaluasi usability, goal-directed design, antarmuka pengguna, rekomendasi perbaikan, aplikasi MejaKitaAbstrak
MejaKita merupakan media pembelajaran berbasis online yang dirancang khusus sebagai ruang bagi siswa-siswi di Indonesia untuk saling berbagi ilmu dan belajar bersama. Evaluasi usability pada aplikasi MejaKita bertujuan untuk melihat seberapa jauh aplikasi berfungsi, melihat efek tampilan antarmuka bagi pengguna, dan yang terakhir untuk mengidentifikasi masalah khusus yang terjadi pada aplikasi MejaKita. Evaluasi dilakukan dengan 10 responden, yang dikategorikan sebagai calon pengguna aplikasi MejaKita. Evaluasi usabiity pada aplikasi MejaKita akan mengukur 3 aspek yaitu, efektivitas, efisiensi, dan kepuasan, dengan menggunakan pengukuran usability, yaitu Completion Rate, Overall Relative Efficiency, dan kuesioner System Usability Scale. Permasalahan ditemukan setelah dilakukan pengujian pada evaluasi awal, yang mana perlu dilakukan perbaikan desain antarmuka aplikasi MejaKita. Metode yang digunakan untuk perbaikan desain antarmuka aplikasi MejaKita adalah Goal-Directed Design. Metode Goal-Directed Design digunakan untuk membuat rancangan desain perbaikan antarmuka yang memenuhi kebutuhan pengguna dan tervalidasi oleh tujuan awal pengembang pada saat membuat aplikasi. Hasil evaluasi akhir usability pada aspek efektivitas dan efisiensi mendapatkan nilai 91,4% dan 78,9%, yang mana kedua aspek tersebut mengalami peningkatan sebesar 35,7% dan 35,2%. Hasil kuesioner System Usability Scale pada aspek kepuasan mendapat nilai 77,75, meningkat menjadi 30,25 dari evaluasi sebelumya yang masuk dalam kategori acceptable dan mendapat nilai B+.