Sistem Pelayanan Dokumen dan Pengaduan Lingkungan Hidup berbasis Web (Studi Kasus : Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang)

Sistem Pelayanan Dokumen dan Pengaduan Lingkungan Hidup berbasis Web (Studi Kasus : Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang)

Penulis

  • Dhany Sakti Priabudi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Denny Sagita Rusdianto Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Eriq Muhammad Adams Jonemaro Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

codeigniter, dinas lingkungan hidup, pengaduan, dokumen lingkungan, waterfall

Abstrak

Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang merupakan instansi pemerintah yang bergerak di bidang lingkungan hidup daerah yang meliputi kegiatan dalam melakukan pengawasan, pengendalian, dan penertiban terhadap lingkungan hidup di Kota Malang. Peran DLH Kota Malang dalam memberikan pelayanan perlu adanya dokumen perizinan perencanaan kegiatan atau usaha dalam lingkungan hidup sebagai perlindungan hukum bagi lingkungan hidup dan masyarakat terhadap dampak dari penerbitan keputusan tata usaha. Pada proses penyimpanan dokumen lingkungan tersebut disimpan dalam bentuk dokumen fisik dan dokumen elektrik. Dalam mekanisme penyimpanan dokumen elektrik, setiap petugas wajib memberikan laporan data hasil pelayanan klien terkait kegiatan untuk perekapan kedalam komputer arsip. Seluruh data direkap dalam excel, sedangkan file dokumen lingkungan di simpan dalam direktori komputer. Permasalahan yang ditemukan yaitu proses peninjauan menjadi kurang optimal karena keterbatasan petugas dalam melakukan pelaporan ataupun pelayanan klien memeerlukan waktu serta usaha mengakses komputer arsip. Adapun mekanisme pengaduan yang berperan sebagai sarana dugaan aduan bersifat insidental untuk memberikan hak dan kesempatan kepada masyarakat dapat ikut berperan aktif dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup Kota Malang. Permasalahan yang di temukan di dalam mekanisme tersebut, DLH kota malang ingin memanfaatkan website yang ada untuk dapat berfungsi sebagai media pengaduan untuk penunjang kualitas dari pelayanan pengaduan. Maka dari itu, penulis melakukan penelitian dengan mengusulkan sistem pelayanan ini dibangun untuk membantu mengoptimalkan kebutuhan petugas untuk meningkatkan kualitas pelayanan DLH kota Malang. Digunakannya model waterfall karena semua kebutuhan sudah jelas di definisikan sebelumnya.

Unduhan

Diterbitkan

26 Jan 2021

Cara Mengutip

Priabudi, D. S., Rusdianto, D. S., & Jonemaro, E. M. A. (2021). Sistem Pelayanan Dokumen dan Pengaduan Lingkungan Hidup berbasis Web (Studi Kasus : Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(1), 327–336. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/8422

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...