Pemodelan dan Rekomendasi Perbaikan Proses Bisnis Divisi Akademik Menggunakan Metode Business Process Improvement (BPI) (Studi Pada: Bina Avia Persada Malang)

Pemodelan dan Rekomendasi Perbaikan Proses Bisnis Divisi Akademik Menggunakan Metode Business Process Improvement (BPI) (Studi Pada: Bina Avia Persada Malang)

Penulis

  • Dio Rahmat Putra Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Aditya Rachmadi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Nanang Yudi Setiawan Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

divisi akademik, proses bisnis, failure mode and effect analysis (FMEA), business process improvement (BPI), streamlining, business process model and notation (BPMN)

Abstrak

Divisi akademik merupakan pelayanan utama dalam menunjang jalannya pelatihan pada Bina Avia Persada Malang. Bina Avia Persada Malang sendiri adalah sebuah lembaga pendidikan dan pelatihan yang mempersiapkan sumber daya manusia yang siap kerja baik untuk flight attendant, ground handling dan reservation ticketing. Dalam menjalankan proses bisnis layanan akademik sering kali terdapat kendala sehingga menyebabkan pelayanan dari proses bisnis belum maksimal. Sehingga perlu dilakukan analisa dan pemodelan proses bisnis agar ditemukannya rekomendasi perbaikan pada proses bisnis yang dapat meningkatkan pelayanan proses bisnis menjadi lebih efektif dan efisien. Dalam analisa dan evaluasi proses bisnis yang dilakukan menggunakan metode  Failure Mode and Effect Analysis  untuk mengidentifikasi dan mencegah masalah. Metode ini berfungsi untuk mencari permasalahan yang terjadi, potensi permasalahan serta efek permasalahan dengan menggunakan 3 parameter yaitu tingkat kesalahan (severity), tingkat kejadian (occurance), dan tingkat deteksi (detection). Sedangkan metode yang digunakan dalam perbaikan proses bisnis adalah Business Process Improvement. Penggunaan metode ini berfungsi dalam memudahkan peneliti dalam mengidentifikasi, memodelkan, serta melakukan perbaikan pada objek layanan akademik. Sehingga dari penggunaan metode ini dapat ditentukan perbaikan proses bisnis berupa pemangkasan layanan yang tidak perlu dan memaksimalkan penggunaan aset Bina Avia Persada Malang.

Unduhan

Diterbitkan

22 Jan 2021

Cara Mengutip

Putra, D. R., Rachmadi, A., & Setiawan, N. Y. (2021). Pemodelan dan Rekomendasi Perbaikan Proses Bisnis Divisi Akademik Menggunakan Metode Business Process Improvement (BPI) (Studi Pada: Bina Avia Persada Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(1), 201–208. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/8434

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...