Pemodelan dan Rekomendasi Perbaikan Proses Bisnis Divisi Akademik Menggunakan Metode Business Process Improvement (BPI) (Studi Pada: Bina Avia Persada Malang)
Kata Kunci:
divisi akademik, proses bisnis, failure mode and effect analysis (FMEA), business process improvement (BPI), streamlining, business process model and notation (BPMN)Abstrak
Divisi akademik merupakan pelayanan utama dalam menunjang jalannya pelatihan pada Bina Avia Persada Malang. Bina Avia Persada Malang sendiri adalah sebuah lembaga pendidikan dan pelatihan yang mempersiapkan sumber daya manusia yang siap kerja baik untuk flight attendant, ground handling dan reservation ticketing. Dalam menjalankan proses bisnis layanan akademik sering kali terdapat kendala sehingga menyebabkan pelayanan dari proses bisnis belum maksimal. Sehingga perlu dilakukan analisa dan pemodelan proses bisnis agar ditemukannya rekomendasi perbaikan pada proses bisnis yang dapat meningkatkan pelayanan proses bisnis menjadi lebih efektif dan efisien. Dalam analisa dan evaluasi proses bisnis yang dilakukan menggunakan metode Failure Mode and Effect Analysis untuk mengidentifikasi dan mencegah masalah. Metode ini berfungsi untuk mencari permasalahan yang terjadi, potensi permasalahan serta efek permasalahan dengan menggunakan 3 parameter yaitu tingkat kesalahan (severity), tingkat kejadian (occurance), dan tingkat deteksi (detection). Sedangkan metode yang digunakan dalam perbaikan proses bisnis adalah Business Process Improvement. Penggunaan metode ini berfungsi dalam memudahkan peneliti dalam mengidentifikasi, memodelkan, serta melakukan perbaikan pada objek layanan akademik. Sehingga dari penggunaan metode ini dapat ditentukan perbaikan proses bisnis berupa pemangkasan layanan yang tidak perlu dan memaksimalkan penggunaan aset Bina Avia Persada Malang.