Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pemrograman Dasar Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan di SMK PGRI 3 Malang dengan Mengadaptasi Model APPED
Kata Kunci:
media pembelajaran, pemrograman dasar, APPED, prototipe, flash, multimedia pembelajaran interaktifAbstrak
Kota Malang memiliki SMK yang memiliki TIK terlengkap berakreditasi A untuk jurusan RPL salah satunya SMK PGRI 3 MALANG. Sekolah ini menggunakan TIK yang saling berinteraksi, dan berinovasi untuk menghasilkan siswa jurusan Rekayasa Perangkat Lunak dengan ilmu siap kerja di dunia industri. Namun hal ini berbanding terbalik dengan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran pada materi pemrograman dasar bab flowchart untuk siswa belajar, sehingga dibuat sebuah prototipe media pembelajaran interaktif dengan mengadaptasi model APPED. Model ini memiliki tahapan berupa analisis & penelitian awal, perancangan, produksi, evaluasi, & diseminasi. Tahapan desiminasi tidak dilakukan karena media pembelajaran yang dibuat berupa prototipe. Dalam pengembangan media, dibutuhkan software Adobe Animated untuk sarana prototipe media pembelajaran dalam bentuk flash. Hasil uji alpha test dari pengujian para ahli menyatakan bahwa materi dalam media ini sangat baik dengan persentasi 95,5%, untuk media dinilai sangat baik dengan persentase 88,8% dan untuk instruksional dalam media dinilai 92,5%. Dengan hasil tersebut dinyatakan bahwa media ini bisa digunakan dengan baik.