Evaluasi User Experience Content Creator Youtube terhadap Tampilan Youtube Studio dan Perbandingannya dengan Iterasi Sebelumnya menggunakan UEQ dan Diary Study

Evaluasi User Experience Content Creator Youtube terhadap Tampilan Youtube Studio dan Perbandingannya dengan Iterasi Sebelumnya menggunakan UEQ dan Diary Study

Penulis

  • Naufal Faza Rusdi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Hanifah Muslimah Az-Zahra Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Aditya Rachmadi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

user experience, UEQ, diary study, Youtube, content creator

Abstrak

YouTube merupakan salah satu platform paling populer yang digunakan untuk berbagi video. Salah satu komponen utama dari YouTube adalah pengguna yang mengunggah video mereka ke platform YouTube (content creator) menggunakan halaman khusus Creator Studio. Walau begitu, seiring waktu teknologi lama yang digunakan dalam pembuatan Creator Studio membatasi YouTube untuk mengembangkannya lebih lanjut. Untuk mengatasi hal ini YouTube mengembangkan halaman baru bernama YouTube Studio yang disertai dengan pergantian tampilan secara keseluruhan untuk semua content creator. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbandingan user experience kedua halaman tersebut menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) dan diary study. Hasil perbandingan UEQ menunjukkan bahwa halaman lama lebih baik dibandingkan halaman baru hampir diseluruh aspek. Menurut diary study salah satu permasalahan utama content creator berasal dari pemisahan berbagai informasi ke dalam berbagai tab yang sulit diakses di halaman baru.

Unduhan

Diterbitkan

01 Mar 2021

Cara Mengutip

Rusdi, N. F., Az-Zahra, H. M., & Rachmadi, A. (2021). Evaluasi User Experience Content Creator Youtube terhadap Tampilan Youtube Studio dan Perbandingannya dengan Iterasi Sebelumnya menggunakan UEQ dan Diary Study. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(3), 852–857. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/8654

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...