Pengembangan Sistem Pengelolaan Layanan Usaha dan Pelatihan FPTC (Studi Kasus: Food Production And Training Center)
Kata Kunci:
FPTC, waterfall, payment gateway, sistem pengelolaan layanan dan pelatihanAbstrak
Toko roti adalah salah satu bisnis paling banyak diminati dibidang kuliner kalangan masyarakat dan mudah mengikuti perkembangan zaman. Salah satu toko roti yang sedang menjalankan bisnisnya dikota Malang adalah toko FPTC (Food Production and Training Center). Pada saat ini toko FPTC ingin meningkatkan kemajuan pelayanan yang ada ditoko mereka. Sehingga bisnis roti yang mereka miliki dapat berkembang. Akan tetapi pelayanan ditoko FPTC terkait proses kegiatan seperti transaksi penjualan, pemesanan, dan pelatihan belum efisien. Penyebabnya karena proses transaksi penjualan cukup lama, kurang penyampaian informasi menu produk dan persyaratan pelatihan, konfirmasi persetujuan adanya pelatihan terlalu lama. Maka dari itu untuk meningkatkan layanan yang ada ditoko pada penelitian ini bertujuan membuat sebuah sistem pengelolaan layanan usaha dan pelatihan FPTC berbasis website. sistem yang dibuat dapat membantu pegawai toko FPTC menjadi lebih mudah dalam mengelola layanan, dan para pelanggan menjadi lebih mudah dalam mengakses layanan, serta meningkatkan efisiensi pada proses pelayanan. Pada sistem pengelolaan layanan usaha dan pelatihan FPTC akan dibangun atau dikembangkan menggunakan model pengembangan waterfall. Implementasi sistem dibangun menggunakan framework CodeIgniter dan sistem memiliki layanan payment gateway. Pengujian yang dilakukan pada sistem yang telah dibangun terdiri dari pengujian unit, pengujian integrasi, dan pengujian validasi. hasil seluruh pengujian memperoleh nilai persentasi 100% dan statusnya valid. Selain itu, pengujian compatibility menunjukan bukti sistem dapat berjalan dengan baik diberbagai macam browser tanpa adanya error atau kendala.