Analisis Sentimen berbasis Aspek terhadap Data Ulasan Rumah Makan menggunakan Metode Support Vector Machine (SVM)
Kata Kunci:
analisis sentimen berbasis aspek, ulasan rumah makan, pemecahan opini, support vector machine, one-against-allAbstrak
Internet merupakan ruang virtual yang sangat besar untuk menyampaikan berbagai hal termasuk ulasan kepada orang lain secara efektif. Ulasan yang diberikan oleh seseorang di internet memiliki dampak yang besar terhadap pengguna lain dan maupun perusahaan. Salah satu ulasan yang paling banyak beredar di internet adalah ulasan rumah makan. Satu ulasan pada rumah makan dapat mengandung beberapa aspek yang berbeda, untuk mengekstrak aspek dan sentimen yang terkandung dalam ulasan dapat menggunakan teknik analisis sentimen berbasis aspek. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data ulasan rumah makan yang didapatkan dari SemEval-2016 Task 5 dengan jumlah data latih sebanyak 300 dan data uji sebanyak 100. Untuk mengetahui aspek apa saja yang terkandung dalam suatu ulasan dilakukan pemecahan opini terlebih dahulu dengan melakukan POS tagging dan memecah dokumen menjadi beberapa opini sesuai dengan basis aturan grammar, kemudian dilakukan proses klasifikasi aspek dan klasifikasi sentimen dengan menggunakan metode Support Vector Machine dengan strategi One-Against-All. Hasil evaluasi dengan menggunakan confusion matrix pada klasifikasi aspek dan sentimen masing-masing menghasilkan precision sebesar 0,94 dan 0,86, recall sebesar 0,6 dan 0,98, accuracy sebesar 0,88 dan 0,86, dan f-measure sebesar 0,73 dan 0,92.