Pembangunan Sistem Manajemen Dinas dan Laporan Harian Kru Jalan (Studi Kasus: PT. Akas Mila Sejahtera)
Kata Kunci:
Akas IV, dinas, Laporan Harian, Kru Jalan, waterfall, web serviceAbstrak
PT. Akas Mila Sejahtera (selanjutnya disebut Akas IV) adalah sebuah perusahaan berbasis layanan angkutan bus dengan kelas ekonomi dan Patas. Terdapat ratusan bus dan Kru Jalan yang berdinas melayani penumpang setiap harinya. Meskipun begitu, setiap pencatatan dinas dan pengelolaan Laporan Harian masih dilakukan secara manual. Perubahan dinas yang dinamis pada armada bus dan Kru Jalan dapat menimbulkan kesalahan dalam pencatatan oleh Pengatur Dinas. Kesalahan pencatatan menimbulkan bus gagal berangkat karena Kru Jalan tidak lengkap. Selain itu, oleh karena penjualan karcis masih dilakukan secara konvensional oleh Kondektur menggunakan lembaran karcis resmi Akas IV, maka pencatatan Laporan Harian juga dilakukan secara manual oleh Kasir. Jika terdapat ketidaksesuaian yang mengakibatkan kerugian perusahaan, maka kerugian akan ditanggung oleh Kondektur. Hal tersebut berdampak pada pendapatan Kru Jalan. Berdasarkan pernyataan tersebut, maka solusi yang dipilih adalah dengan membangun sebuah sistem yang dapat memanajemen dinas dan Laporan Harian Kru Jalan di Akas IV. Pembangunan sistem ini menggunakan model pengembangan waterfall dan pendekatan berorientasi objek. Sistem dibangun menggunakan teknologi web service karena sistem dibangun di atas platform web dan mobile. Sistem ini diuji dengan menggunakan strategi pengujian unit, pengujian integrasi, pengujian validasi dan pengujian compatibility yang menunjukkan hasil yang valid.