Pengembangan Aplikasi E-Marketplace Undangan berbasis Web

Pengembangan Aplikasi E-Marketplace Undangan berbasis Web

Penulis

  • Inas Nabila Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Fajar Pradana Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Sutrisno Sutrisno Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Undangan, Desain, E-Marketplace, Percetakan

Abstrak

Undangan merupakan salah satu kebutuhan yang sangat krusial dalam sebuah acara yang digunakan untuk mengudang orang maupun kelompok, dimana undangan dapat dibuat dalam bentuk cetak maupun digital. Dalam pembuatan desain undangan, jasa desain undangan biasanya berbayar dan melalui banyak proses revisi yang memakan banyak waktu. Saat ini, salah satu kekurangan dalam pembuatan desain undangan cetak adalah mencari harga di setiap jasa percetakan yang harus mendatangi percetakan satu per satu. Sebanyak 86 persen pengguna internet Indonesia melakukan belanja online lewat perangkat apapun. Angka ini didapat dari data yang dihimpun Global Web Index yang dirangkum oleh We Are Social dan Hootsuite (CNN, 2019). Dengan jumlah penduduk mencapai lebih dari 269 juta jiwa, 133 juta terhubung ke internet, Indonesia menjadi mangsa pasar terbesar di Asia Tenggara bagi pemain e-commerce (Liputan6, 2019). Oleh karena itu, dikembangkan sebuah aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna dengan membuat media yang digunakan untuk membuat desain undangan dan menyediakan jasa percetakan undangan. Aplikasi ini memfasilitasi proses transaksi antara konsumen dan partner percetakan yang berperan sebagai pihak ketiga. Konsumen dapat mendesain undangan sesuai keinginan dan memilih melanjutkan untuk dicetak melalui jasa percetakan yang tersedia dalam sistem. Untuk pembayaran dapat dilakukan secara online dan hasil undangan akan dikirimkan oleh percetakan ke alamat pembeli. Aplikasi e-marketplace undangan ini dibangun dengan menggunakan pendekatan Rekayasa Perangkat Lunak dengen menggunakan Sistem Development Life Cycle metode Waterfall yang terdiri dari analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi sistem, dan pengujian sistem. Hasil dari metode waterfall menghasilkan 34 kebutuhan fungional dan 1 kebutuhan non-fungsional dengan 4 aktor sebagai pengguna sistem, yaitu guest, member, partner, dan admin. Diimplementasikan menggunakan framework CodeIgniter dengan Bahasa pemrograman PHP yang didukung HTML, CSS, Javascript, Bootstrap, didukung dengan 2 API yaitu Fabric.js dan RajaOngkir.Pengujian yang dilakukan dengan pengujian white box, black box, pengujian integrasi, dan pengujian usability dengan menggunakan metode SUS (System Usability Scale) yang memiliki skor akhir rata-rata 82 yang termasuk dalam kategori acceptable.

Unduhan

Diterbitkan

08 Mar 2021

Cara Mengutip

Nabila, I., Pradana, F., & Sutrisno, S. (2021). Pengembangan Aplikasi E-Marketplace Undangan berbasis Web. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(3), 1103–1111. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/8726

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...