Penerapan Hierarchical Finite State Machine untuk Pengambilan Keputusan Non-Player Character (Studi Kasus: Gim Hack and Slash)
Kata Kunci:
gim, non-player character, hierarchical finite state machineAbstrak
Gim Hack and Slash adalah game yang mana pemain berperan sebagai karakter yang mengalahkan musuh dengan menggunakan senjata jarak dekat. Musuh dalam gim dengan genre ini biasanya adalah Non-Player Character (NPC), yaitu karakter yang bukan pemain, dengan kata lain karakter yang dikontrol oleh mesin. Oleh karena itu NPC menjadi hal penting dalam pengembangan gim dengan genre ini. Pada penelitian ini dibuat tiga NPC yaitu NPC1, NPC2 dan NPC3. Ketiga NPC tersebut dapat menggambil keputusan pada apa yang akan dilakukan terhadap pemain. Pengambilan keputusan ketiga NPC tersebut diimplementasikan menggunakan metode Hirarchical Finite State Machine menggunakan game engine Unity. Kemudian ketiga NPC tersebut diuji menggunakan metode Test Flow Diagram (TFD) dan pengujian Frame Per Second (FPS). pada pengujian TFD, gim berjalan sesuai dengan yang diharapkan sesuai dengan alur yang dibangkitkan dari TFD. Sedangan pengujian FPS dalam sistem ini, gim berjalan dengan fps di atas 60 hingga 200 NPC pada NPC3 dan NPC2. Sedangkan pada NPC1 gim berjalan dengan fps diatas 60 hingga 250 NPC.