Pengembangan Gim Edukasi Matematika Dasar berbasis Android
Kata Kunci:
gim edukasi, matematika, media pembelajaran, test flow diagram, fun testingAbstrak
Sekarang ini teknologi di seluruh dunia tengah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Smarthphone menjadi salah satu teknologi yang mengalami perkembangan pesat tersebut. Bahkan, pelajar tingkat sekolah dasar di Indonesia sekarang ini sudah banyak yang menggunakan smartphone hanya untuk bermain gim. Akibatnya, antusiasme untuk belajar khususnya pada pelajaran matematika mulai berkurang. Hingga saat ini, matematika masih dianggap sebagai pelajaran yang sulit bagi sebagian pelajar, khususnya oleh pelajar tingkat sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan gim edukasi dengan tema matematika dasar berbasis Android untuk membantu pelajar tingkat sekolah dasar dalam meningkatkan antusiasme pembelajaran dibidang matematika melalui media pembelajaran berupa gim. Dalam pengembangan gim yang menggunakan metode Game Development Life Cycle, terdapat enam tahap diantaranya Insiasi, Pra-Produksi, Produksi, Pengujian, Beta, dan Perilisan. Pengujian yang dilakukan menggunakan metode Test Flow Diagram untuk menguji alur gameplay berdasarkan sudut pandang pemain. Untuk pengujian Beta pada penelitian ini menggunakan metode Fun Testing. Pemain akan mencoba gim yang telah dibuat kemudian mengisi kuesioner. Hasil dari pengujian Test Flow Diagram menunjukkan bahwa alur gameplay yang dibuat berjalan dengan baik. Sedangkan untuk hasil dari Fun Testing pada tingkat kesenangan pemain dalam memainkan gim edukasi ini adalah 85% dari 20 orang pelajar tingkat sekolah dasar kelas 1 sampai 3.