Pengembangan Lanjut Penerapan Bates Method Pada Aplikasi Mobile Berbasis Virtual Reality Menggunakan Metode Pengembangan Personal Extreme Programming

Pengembangan Lanjut Penerapan Bates Method Pada Aplikasi Mobile Berbasis Virtual Reality Menggunakan Metode Pengembangan Personal Extreme Programming

Penulis

  • Abdul Ghoniy Nur Chasana Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Komang Candra Brata Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Hanifah Muslimah Az-Zahra Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

metode bates, virtual reality, miopia, personal extreme programming, user acceptance testing

Abstrak

Solusi umum bagi penderita miopia adalah dengan menggunakan kacamata. Namun kacamata bukan untuk menyembuhkan penglihatan, melainkan hanya membantu penderita melihat lebih jelas. Pada tahun 1920 Dr. William Horatio Bates menemukan sebuah metode praktis dan gratis yang disebut metode Bates, metode tersebut dapat dilakukan oleh semua orang untuk menyembuhkan mata minus tanpa harus menggunakan alat bantu. Metode Bates tersebut diimplementasikan kedalam sebuah aplikasi yang bernama Bates EyeCare dengan menggunakan teknologi virtual reality. Bates EyeCare mensimulasikan pelatihan otot mata dalam dunia virtual dengan memanfaatkan objek-objek pada dunia tersebut sebagai acuan pelatihan. Dengan memanfaatkan metode pengembangan personal extreme programming yang ditujukan untuk pengembangan aplikasi secara individu yang cepat dan ringkas, dihasilkan 2 buah iterasi dengan iterasi 1 berfokus pada pengembangan metode olahraga mata pada dunia virtual menggunakan Unity3d dengan waktu pengerjaan nyata adalah 30 jam 7 menit, lebih cepat 5 jam 7 menit dari estimasi waktu pengembangan, sedangkan pengembangan pada iterasi 2 berfokus pada penerapan module unity dari hasil iterasi 1 pada Android Studio sehingga dunia virtual dapat digunakan pada platform mobile Android dengan waktu pengerjaan nyata adalah 20 jam 40 menit, lebih cepat 20 menit dari estimasi waktu pengembangan. Dilakukan pengujian user acceptance testing kepada 4 responden dengan nilai akhir 5.582 yang menyatakan pengguna secara keseluruhan berpendapat Setuju bahwa sistem telah berhasil memenuhi kebutuhan dari pengguna.

Unduhan

Diterbitkan

09 Mar 2021

Cara Mengutip

Nur Chasana, A. G., Brata, K. C., & Az-Zahra, H. M. (2021). Pengembangan Lanjut Penerapan Bates Method Pada Aplikasi Mobile Berbasis Virtual Reality Menggunakan Metode Pengembangan Personal Extreme Programming. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(3), 1181–1189. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/8762

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...