Pengembangan Sistem Pengelolaan Tiket Klub Sepak Bola berbasis Web (Studi Kasus: Klub Sepak Bola Arema Malang)
Kata Kunci:
sepak bola, tiket, payment gateway, progressive web application, qrcodeAbstrak
Arema FC merupakan salah satu tim sepak bola besar yang dikenal di Indonesia yang bermarkas di Malang, Jawa Timur. Setiap laga kandang Arema FC diadakan di stadion gajayana ataupun stadion kanjuruhan. Permasalahan pada Arema FC dalam pelaksanaan pertandingan laga kandang yaitu pengelolaan tiket pertandingan seperti panjangnya proses pemesanan tiket yang tidak efesien dari segi waktu, penukaran hard ticket yang terbilang sulit terjangkau karena hanya bisa ditukarkan di kantor pusat, minimnya opsi pembayaran tiket, jam kerja operasional pembelian tiket yang kurang fleksibel, dan hingga distribusi penjualan tiket yang sangat memakan waktu karena melalui beberapa tahap. Sistem ini dibangun dengan berbasis web dengan menggunakan teknologi progressive web app yang dapat dijalankan seperti aplikasi native dan payment gateway yaitu midtrans dalam proses memilih opsi pembayaran untuk mendukung proses pemesanan tiket Arema FC. Pengembangan sistem menggunakan pendekatan waterfall dengan melalu beberapa tahapan yaitu analisis kebutuhan dilanjutkan pada tahap perancangan arsitektur, perancangan komponen, perancangan basisdata, dan perancangan antarmuka yang digunakan sebagai acuan implementasi sistem kemudian tahap pengujian. Pengujian meliputi tiga kasus uji pengujian unit dan satu pengujian integrasi berstatus valid, tiga puluh satu pengujian validasi berstatus valid, dan 1 pengujian kompabilitas berstatus valid dapat berjalan dibeberapa browser seperti chrome, safari, Edge.