Evaluasi dan Perbaikan Pada Antarmuka Pengguna Website Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang Dengan Menggunakan Metode Usability Testing dan Heuristic Evaluation

Evaluasi dan Perbaikan Pada Antarmuka Pengguna Website Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang Dengan Menggunakan Metode Usability Testing dan Heuristic Evaluation

Penulis

  • Lailatul Fitriyah Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Satrio Hadi Wijoyo Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Bondan Sapta Prakoso Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

evaluasi, antarmuka pengguna, kegunaan, usability testing, heuristic evaluation, website Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang

Abstrak

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang merupakan perusahaan penyedia air minum dengan salah satu pelayanannya melalui website. Hasil wawancara awal dengan pengelola dan pengguna website, menunjukkan terdapat permasalahan yaitu tampilan belum dikembangkan, pengguna kebingungan terkait beberapa fitur yang kurang sesuai salah satunya menu belum dropdown, peruntukan login, dan menu seperti iklan yang dapat mempengaruhi tingkat kegunaan. Maka, perlu dilakukan evaluasi pada antarmuka website tersebut dengan melibatkan sudut pandang pengguna secara natural dan expert untuk menemukan permasalahan serta merekomendasikan perbaikan. Penelitian ini menggunakan metode usability testing dan heuristic evaluation. Usability testing menggunakan 3 aspek pengukuran yaitu efektivitas, efisiensi, dan kepuasan. Heuristic evaluation menggunakan 10 prinsip kegunaan heuristic Nielsen. Hasil usability testing ditemukan 14 permasalahan antarmuka dan heuristic evaluation ditemukan 25 permasalahan antarmuka. Usability testing menunjukkan pengukuran efektivitas pada tingkat kesalahan yaitu rendah dan tingkat penyelesaian yaitu diatas rata-rata. Pengukuran efisiensi yaitu tinggi, dan pengukuran kepuasan yaitu kurang memuaskan. Kemudian, heuristic evaluation menunjukkan permasalahan antarmuka terbanyak yaitu prinsip H8 (aesthetic and minimalist design). Berdasarkan hasil evaluasi, dibuat rekomendasi perbaikan sejumlah 30 dengan menggunakan guidelines agar tingkat penggunaanya lebih baik.

Unduhan

Diterbitkan

10 Mar 2021

Cara Mengutip

Fitriyah, L., Wijoyo, S. H., & Prakoso, B. S. (2021). Evaluasi dan Perbaikan Pada Antarmuka Pengguna Website Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang Dengan Menggunakan Metode Usability Testing dan Heuristic Evaluation. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(3), 1204–1211. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/8786

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...