Analisis Perbandingan Kinerja Fisheye State Routing Protocol dan Greedy Perimeter Stateless Routing Protocol pada Vehicular Ad-Hoc Network dalam Lingkungan Jalan Perkotaan

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Bisma Arie Yaqudsa Heru Nurwarsito

Abstrak

Vehicular Ad-Hoc Network (VANET) adalah sebuah jaringan yang perkembangannya dikhususkan untuk node berupa kendaraan yang bergerak. dikarenakan posisi node yang selalu berubah-ubah maka dibutuhkan sebuah protokol perutean yang berfungsi untuk menentukan jalur pengiriman informasi antar node agar tepat sampai pada tujuan. Permasalahan yang umum ditemui dalam daerah perkotaan adalah tingkat kepadatan kendaraan, halangan yang dapat mengganggu transmisi sinyal seperti beton, gedung, dan bangunan-bangunan lainnya serta interferensi dan pergerakan node yang bervariasi maka diperlukan sebuah protokol perutean yang tepat untuk proses pengiriman data dengan efisien. Dengan menganalisis perbandingan kinerja protokol FSR dan GPSR akan didapatkan sebuah hasil parameter uji berupa End-to End Delay, Packet Delivery Ratio dan Throughput sehingga akan diketahui protokol mana yang paling efisien untuk digunakan dalam lingkungan jalan perkotaan. Dengan skenario kepadatan kendaraan didapatkan hasil semakin padat kendaraan maka performa dan nilai dari hasil uji akan buruk dan akan membaik saat kepadatan node kendaraan terurai. Protokol FSR memiliki rata-rata nilai Packet Delivery Ratio sebesar 22,398%, End-to-End Delay sebesar 0,45s dan Throughput sebesar 0,337kbps. Sedangkan pada protokol GPSR memiliki rata-rata nilai Packet Delivery Ratio sebesar 25,493%, End-to-End Delay sebesar 0,64s dan Throughput sebesar 0,480kbps. Berdasarkan dari nilai parameter yang diujikan maka protokol GPSR Lebih baik untuk digunakan pada VANET dalam area perkotaan.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Yaqudsa, B., & Nurwarsito, H. Analisis Perbandingan Kinerja Fisheye State Routing Protocol dan Greedy Perimeter Stateless Routing Protocol pada Vehicular Ad-Hoc Network dalam Lingkungan Jalan Perkotaan. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 5, p. 1677-1685, apr. 2021. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/8963>. Tanggal Akses: 07 okt. 2022
Bagian
Artikel