Evaluasi Kapabilitas Tata Kelola Teknologi Informasi menggunakan Kerangka Kerja COBIT 5 Domain APO13 dan DSS05 (Studi pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Carlo Julio Caesarrieva Andi Reza Perdanakusuma Widhy Hayuhardhika Nugraha Putra

Abstrak

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu merupakan bagian unit dalam gugus kerja pemerintahan Kota Batu yang bertugas dalam melakukan perencanaan, pengelolaan dan koordinasi dalam penyelenggaraan teknologi informasi kepada masyarakat. Masalah yang dimiliki pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu yaitu belum lengkapnya perancangan dalam aspek teknologi informasi yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas layanan yang ingin diberikan kepada setiap stakeholder. Pengukuran Capability Level dibutuhkan untuk memberikan gambaran terkait kondisi tata kelola teknologi informasi saat ini, setiap pengukuran dilakukan secara bertahap yang dimulai dari level 0 Incomplete Process sampai dengan Level 5 Optimizing process yang didukung dengan bukti dokumen dalam setiap pencapaian level tersebut. Hasil penelitian didapatkan bahwa nilai Capability level pada APO13 (Manage Security) terdapat pada level 3 dan pada DSS05 (Manage Security Services) berada pada level 1. Gap level berfungsi untuk menentukan langkah yang dibutuhkan untuk mencapai target yang diharapkan, pada APO13 memiliki gap level sebesar dua dan pada DSS05 memiliki gap level sebesar empat. Rekomendasi yang diberikan berdasarkan hasil gap level yaitu melengkapi perancangan dan dokumentasi terkait Kebijakan, melengkapi SOP terkait teknologi informasi dan melakukan pengawasan terhadap kinerja tata kelola teknologi informasi.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Caesarrieva, C., Perdanakusuma, A., & Putra, W. Evaluasi Kapabilitas Tata Kelola Teknologi Informasi menggunakan Kerangka Kerja COBIT 5 Domain APO13 dan DSS05 (Studi pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 5, p. 1783-1787, apr. 2021. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/8993>. Tanggal Akses: 28 sep. 2022
Bagian
Artikel