Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Peserta Event Berbasis Sistem Dengan Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus : Dilo Malang)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Risma Putri Auliasari Herman Tolle Diah Priharsari

Abstrak

Pada tahun 2017 hasil survei APJII mencatat peningkatan pengguna internet di Indonesia dari 132,7 juta jiwa di tahun 2016 menjadi 143,26 juta jiwa di tahun 2017. Dengan adanya teknologi yang semakin berkembang, hal ini juga mengakibatkan pertumbuhan startup di Indonesia semakin berkembang. Menurut Indonesia’s Tech Startup Report 2018, perusahaan startup di Indonesia menjadi lebih menarik dan memberikan pengaruh besar ke masyarakat. Hal inilah yang menyebabkan Digital Inovation Lounge (Dilo) membuka cabangnya di kota Malang. Dilo adalah sebuah startup yang menyediakan event-event seminar mengenai perkembangan teknologi saat ini. Event yang diadakan oleh DILo Malang memiliki ketertarikan khusus kepada masyarakat. Namun, dengan adanya event yang semakin banyak pihak DILo mengalami kesulitan saat membuat laporan bulanan dari pra-event hingga pasca event mengenai jumlah peserta. Selain itu, sistem dalam penyewaan meeting room atau lounge masih tergolong konvensional. Melalui permasalahan tersebut penulis menawarkan solusi kepada Dilo Malang berupa sebuah Perancangan User Experience aplikasi mobile peserta event yang berbasis sistem dengan hasil berupa prototype dengan menggunakan metode Design Thinking. Hasil dari pengujian rancangan aplikasi mobile peserta event menunjukkan hasil pengujian aspek efesiensi dengan nilai 95,95%, hasil pengujian aspek efektivitas sebesar 97,77% dan hasil pengujian aspek kepuasan pengguna dengan kuesioner SUS mendapatkan nilai 98,5. Hasil pengujian yang dilakukan mendapatkan nilai diatas rata-rata sehingga pengujian rancangan aplikasi mobile peserta event ini menunjukkan hasil positif.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Auliasari, R., Tolle, H., & Priharsari, D. Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Peserta Event Berbasis Sistem Dengan Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus : Dilo Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 5, p. 1921-1928, mei 2021. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9024>. Tanggal Akses: 07 okt. 2022
Bagian
Artikel