Pengembangan Aplikasi Mobile (E-Tani) Pencari Tenaga Tani Pangan Menggunakan Metode Location Based Service Berbasis People Nearby (Studi Kasus Desa Kenduruan Kabupaten Tuban Provinsi Jawa Timur)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Pramudya Vizkal Arfianto Herman Tolle Muhammad Aminul Akbar

Abstrak

Pertanian di Indonesia merupakan pilar penting di sektor ekonomi yang banyak memberikan konstribusi dibidang pangan. Kecamatan Kenduruan di Kabupaten Tuban Jawa Timur merupakan wilayah pedesaan dengan mayoritas penduduknya adalah berprofesi sebagai petani, dimana kebanyakan petani mengelola sawah milik pribadi sehingga orang yang memiliki sawah dan bukan berlatar belakang sebagai petani akan kesulitan untuk mengelola sawahnya, sehingga membutuhkan petani yang tidak sedang mengelola sawah siapapun dan telah menjadi masalah umum kesulitan yang dihadapi oleh para pemilik sawah di Desa Kenduruan. Sehingga dibutuhkan aplikasi seluler berbasis Android yang dapat membantu para pemilik sawah mencari petani dengan merekomendasikan petani yang terdekat dari lokasi aksesnya. Aplikasi ini bernama e-Tani dibangun dengan menerapkan metode Location Based Service dan Haversine Formula sehingga akan optimal ketika digunakan. Hasil dari pengujian Blackbox aplikasi bernilai 100% dan memiliki fungsional yang dinyatakan valid. Hasil pengujian selanjutnya adalah dengan usability testing, dimana pengujian dilakukan untuk mengetahui kemudahan saat menggunakan aplikasi, dan dari pengujian usability didapatkan hasil sebanyak 100% dari kedua kategori pengguna yaitu pemilik sawah dan petani. Lalu 0.135 goals/sec pada pemilik sawah, dan 0.017 goals/sec untuk petani pada aspek efficiency, kemudian 4.28 pada pemilik sawah, dan 4.4 untuk petani pada aspek satisfaction, sehingga dapat dinyatakan aplikasi e-Tani dapat diterima dimasyarakat.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Arfianto, P., Tolle, H., & Akbar, M. Pengembangan Aplikasi Mobile (E-Tani) Pencari Tenaga Tani Pangan Menggunakan Metode Location Based Service Berbasis People Nearby (Studi Kasus Desa Kenduruan Kabupaten Tuban Provinsi Jawa Timur). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 5, p. 1866-1874, mei 2021. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9044>. Tanggal Akses: 07 okt. 2022
Bagian
Artikel