Evaluasi Pengalaman Pengguna pada Media Perkuliahan Daring di Masa Pandemi COVID-19 Menggunakan UX Curve (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Bhaktiar Adi Nugraha Diah Priharsari Hanifah Muslimah Az-Zahra

Abstrak

Pandemi COVID-19 yang terjadi sejak awal tahun 2020 berdampak besar pada berbagai aspek, salah satunya pada sektor pendidikan. Kegiatan belajar mengajar yang biasanya dilakukan secara tatap muka di kelas saat ini dilaksanakan dengan menggunakan metode pembelajaran jarak jauh. Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang sebagai salah satu bagian dari institusi penyelenggara pendidikan tinggi pun melakukan transformasi melalui penyelenggaraan perkuliahan daring dengan menggunakan media perkuliahan daring, yaitu LMS Polinema. Penggunaan terhadap LMS Polinema tersebut mendapatkan berbagai respon dari pengguna. Penelitian ini kemudian bertujuan untuk mendokumentasikan bagaimana pengalaman pengguna jangka panjang dan bagaimana penerimaan serta penggunaan media perkuliahan daring di masa pandemi COVID-19 menggunakan metode UX Curve yang dikombinasikan dengan sudut pandang pada model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Responden yang menjadi obyek penelitian yaitu 10 mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang berusia 19-22 tahun. Terdapat 4 aspek yang dievaluasi, yaitu Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, dan Facilitating Conditions. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata kurva pada aspek Performance Expectancy memiliki peningkatan paling signifikan. Selain itu, aspek Performance Expectancy adalah aspek yang paling berpengaruh terhadap pengalaman pengguna yang memiliki jumlah komentar responden terbanyak sejumlah 80 alasan, yang terdiri dari 43 komentar positif dan 37 alasan negatif.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Nugraha, B., Priharsari, D., & Az-Zahra, H. Evaluasi Pengalaman Pengguna pada Media Perkuliahan Daring di Masa Pandemi COVID-19 Menggunakan UX Curve (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 5, p. 1875-1885, mei 2021. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9047>. Tanggal Akses: 28 sep. 2022
Bagian
Artikel