Perancangan Antarmuka Pengguna Website OPTIIK Fotografi Dan Desain FILKOM UB Menggunakan Metode Human Centered Design (HCD), Focus Group Discussion (FGD), Dan Software Usability Scale Questionnaire (SUS)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Ilham Maulana Ubaidillah Fatwa Ramdani Welly Purnomo

Abstrak

Tuntutan kebijakan mengenai SKM (bukti legal atau curriculum vitae tentang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa dan merupakan bagian dari suatu syarat yang dicantumkan mahasiswa pada saat pendaftaran Semhas atau Seminar Hasil dan juga pendaftaran ujian skripsi) dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) mengharuskan OPTIIK FILKOM UB untuk memiliki media informasi agar lebih dikenal khususnya di lingkungan civitas akademika FILKOM UB yang memiliki minat di fotografi maupun desain. Di era digital sekarang, penggunaan internet sebagai media informasi mengalami peningkatan pengguna. Data tersebut dikutip dari data Statista yang menunjukkan pengguna internet di Indonesia pada tahun 2018 sebanyak 95,2 juta, tumbuh 13% dari tahun 2017 yang sebanyak 84 juta pengguna. Tahun 2019 diproyeksikan 12,6% atau menjadi 107,2 juta pengguna. Peningkatan pengguna internet dipicu karena kemudahan akses ke internet menggunakan website untuk mencari sebuah informasi. Berangkat dari permasalahan yang telah dianalisis maka dipenelitian ini akan dibuat sebuah rancangan antarmuka website menggunakan metode pendekatan Human Centered Design (HCD) dan metode pendekatan Focus Group Discussion (FGD) serta mengevaluasi hasil rancangan tersebut menggunakan Software Usability Questionnaire (SUS). Selain menghasilkan hasil rancangan desain antarmuka pengguna, penelitian ini juga akan menjelaskan perbandingan dari hasil rancangan antarmuka pengguna dan perbandingan hasil pengujian SUS untuk kedua rancangan tersebut sebagai bahan pertimbangan untuk keperluan pengembangan website OPTIIK FILKOM UB.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Ubaidillah, I., Ramdani, F., & Purnomo, W. Perancangan Antarmuka Pengguna Website OPTIIK Fotografi Dan Desain FILKOM UB Menggunakan Metode Human Centered Design (HCD), Focus Group Discussion (FGD), Dan Software Usability Scale Questionnaire (SUS). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 5, p. 1914-1920, mei 2021. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9062>. Tanggal Akses: 07 okt. 2022
Bagian
Artikel