Perancangan User Experience Aplikasi Interaksi Masyarakat Terpadu Menggunakan Metode Human-Centred Design

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Arif Eka Brilian Herman Tolle Lutfi Fanani

Abstrak

Kota Malang adalah salah satu kota dengan populasi yang besar di Indonesia. Pada tahun 2020, total penduduk Kota Malang mencapai 874.890 jiwa. Dengan tingginya tingkat pertumbuhan penduduk tersebut muncul permasalahan terkait interaksi masyarakat dengan pemerintah Kota Malang. Salah satu permasalahan interaksi masyarakat dengan pemerintah adalah penyampaian aspirasi atau keluhan kepada Pemerintah Kota Malang. Selain permasalahan sosial tersebut, terdapat permasalahan dalam hal kebencanaan. Pada tahun 2019, Badan Pusat Statistik Kota Malang mencatat sebanyak 201 kejadian bencana alam yang terjadi. Hingga saat ini, Kota Malang belum memiliki layanan pemberitahuan bencana atau pelaporan kejadian bencana. Pemberitahuan sejauh ini masih disiarkan melalui sosial media official milik instansi terkait, seperti BPNPB atau BMKG. Selain interaksi terkait keluhan dan bencana, Kota Malang belum memiliki layanan menfasilitasi permintaan bantuan. Menanggapi beberapa permasalahan tersebut, Dinas Kominfo Kota Malang berencana membuat sebuah aplikasi layanan Interaksi Masyarakat Terpadu berbasis mobile yang dapat digunakan dan diterima dengan baik oleh masyarakat. Oleh karena itu, perlu dilakukan perancangan pengalaman pengguna atau user experience agar dapat mengetahui apakah rancangan sebagai solusi permasalahan interaksi masyarakat telah memenuhi kebutuhan masyarakat sebagai pengguna. Proses perancangan pada penelitian ini menerapkan metode Human-Centred Design yang berfokus pada kebutuhan pengguna dan stakeholder untuk pertimbangan perancangan solusi. Setelah berhasil dibuat rancangan, dilakukan evaluasi rancangan oleh 7 evaluator menggunakan metode Usability Testing Scenario Task dan kuesioner SUS. Berdasarkan hasil evaluasi, rancangan solusi mendapatkan nilai sebesar 95,03% pada aspek Effectiveness, dan nilai sebesar 83% pada aspek Efficiency. Sedangkan pada aspek Satisfaction didapati nilai sebesar 86,07 dengan predikat sebagai berikut; Acceptable pada kategori Acceptable, predikat Promoter pada kategori Net Promotor Score, dan predikat Excelent pada kategori Adjective.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Brilian, A., Tolle, H., & Fanani, L. Perancangan User Experience Aplikasi Interaksi Masyarakat Terpadu Menggunakan Metode Human-Centred Design. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 5, p. 1929-1940, mei 2021. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9078>. Tanggal Akses: 28 sep. 2022
Bagian
Artikel