Perancangan User Experience Aplikasi Pembayaran Berbasis Mobile Pada Usaha TV Kabel Menggunakan Pendekatan Human Centered Design (Studi Kasus: Linda Cable)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Widya Agusty Bintari Hanifah Muslimah Az-Zahra Aditya Rachmadi

Abstrak

Linda Cable adalah usaha pribadi yang berlokasi di Kabupaten Trenggalek yang berspesialisasi pada usaha TV kabel. Dengan popularitas bisnis yang meningkat. Linda Cable masih menggunakan pembukuan fisik untuk mencatat tagihan bulanan pelanggan mereka. Karena Linda Cable memiliki dua metode pembayaran tagihan: penagihan pembayaran dirumah oleh petugas dan pembayaran di kantor Linda Cable, tenaga yang dibutuhkan untuk mengelola pencatatan menjadi semakin sulit dan memakan waktu serta rawan terhadap kesalahan manusia. Untuk mengatasi masalah ini, aplikasi berbasis mobile adalah solusi praktis yang menawarkan mobilitas dan efisiensi dalam pengelolaan tagihan pelanggan. Salah satu aspek penting dalam pengembangan aplikasi adalah rancangan pengalaman pengguna.


Untuk merancangan pengalaman pengguna, digunakan metode HumanCentered Design agar kebutuhan baik dari pengguna maupun stakeholder dapat
tercangkup. Dalam penguijan usability yang dilakukan terhadap desain solusi ditemukan skor hasil efisiensi adalah 100% dengan ukuran efisiensi time based
sebesar 0,20 goals/sec dan efektivitas 100%. Pada skor kepuasan pengguna, diperoleh dengan bantuan kuesioner SUS, diperoleh skor 70 yang mengindikasikan desain solusi masuk dalam kategori rating “baik”.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Bintari, W., Az-Zahra, H., & Rachmadi, A. Perancangan User Experience Aplikasi Pembayaran Berbasis Mobile Pada Usaha TV Kabel Menggunakan Pendekatan Human Centered Design (Studi Kasus: Linda Cable). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 5, p. 1950-1957, mei 2021. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9081>. Tanggal Akses: 28 sep. 2022
Bagian
Artikel