Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Peringkat Balita dan Lansia Sehat Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Weighted Product (WP) (Studi Kasus: Posyandu Permatasari)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Dieni Anindyasarathi Imam Cholissodin Ratih Kartika Dewi

Abstrak

Pada salah satu Posyandu, yaitu Posyandu Permatasari, setiap bulannya dilakukan pemeriksaan kesehatan terhadap balita dan lansia. Pemantauan kesehatan ini dilihat dari beberapa indikator, kemudian dicatat di Kartu Menuju Sehat (KMS). Setelah itu akan dicatat di laporan dan dibuat peringkat kesehatan dari balita dan lansia. Dalam melakukan pemeringkatan, saat ini Kader Posyandu masih melakukan pengurutan dengan membandingkan antar balita dan lansia secara manual. Sehingga waktu yang diperlukan cukup lama, dan terkadang terdapat kesalahan penulisan. Maka dari itu peneliti membuat sistem untuk menentukan peringkat balita dan lansia sehat yang diharapkan dapat membantu meningkatkan efektifitas dan efisiensi bagi Kader Posyandu dalam memantau perkembangan dan memudahkan pembuatan laporan. Penelitian ini dibuat menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk mencari bobot dari kriteria yang digunakan dan Weighted Product (WP) untuk melakukan pemeringkatan tiap alternatif menggunakan bobot yang didapatkan pada perhitungan AHP. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, untuk data balita pada pengujian perubahan nilai matriks perbandingan antar kriteria, untuk semua perubahan matriks didapatkan nilai akurasi sebesar 100% dengan nilai lamda maksimal 2, nilai CI 0, dan nilai CR 0. Sedangkan hasil pengujian untuk data lansia, pada pengujian perubahan nilai matriks perbandingan antar kriteria didapatkan nilai akurasi tertinggi sebesar 90% dengan nilai lamda maksimal 8.361, nilai CI 0.05157, dan nilai CR 0.03657.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Anindyasarathi, D., Cholissodin, I., & Dewi, R. Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Peringkat Balita dan Lansia Sehat Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Weighted Product (WP) (Studi Kasus: Posyandu Permatasari). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 5, p. 1993-2000, mei 2021. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9094>. Tanggal Akses: 07 okt. 2022
Bagian
Artikel