Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Survei Online Berbayar Antar Mahasiswa berbasis Mobile menggunakan Metode Design Thinking

Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Survei Online Berbayar Antar Mahasiswa berbasis Mobile menggunakan Metode Design Thinking

Penulis

  • Nur Fajri Hayyuni Maulidya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Herman Tolle Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Retno Indah Rokhmawati Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

pengalaman pengguna, pengujian usability, system usability scale, user experience questionnaire, survei online

Abstrak

Mahasiswa sebagai civitas academica berkewajiban untuk melakukan penelitian dan pengembangan yang dapat dilakukan dalam pengerjaan tugas kuliah, mengikuti perlombaan, sampai pengerjaaan tugas akhir. Untuk mendapatkan data sebagai bahan penelitian dan pengembangan, biasanya mahasiswa melakukan survei. Permasalahan utama dalam survei adalah rendahnya response rate dalam pengambilan data. Berdasarkan data dari Green Book, alasan responden berpartisipasi dalam survei terdapat 36,6% karena adanya imbalan yang disediakan penyurvei, serta 8,9% apabila menemukan survei yang menarik. Namun, hanya sedikit penyurvei yang memberikan imbalan kepada responden serta penyebaran survei yang kurang meluas dan terpusat menjadi kendala responden kurang menemukan adanya survei dengan topik yang menarik. Penelitian ini bertujuan membuat rancangan pengalaman pengguna untuk memberikan tempat bagi mahasiswa dalam menyebarkan survei secara luas dan terpusat sehingga dapat mempermudah dalam mendapatkan responden yang sesuai kriteria dengan memberikan imbalan kepada responden. Metode Design Thinking digunakan karena merupakan metode penyelesaian masalah yang berfokus pada pengalaman pengguna dan sangat efektif untuk memecahkan masalah yang kompleks. Pada tahap pengujian, dilakukan pengujian usability dengan hasil nilai aspek efektivitas sebesar 91,25%, aspek efisiensi dengan overall relative efficiency sebesar 100% dan dengan time based efficiency sebesar 0,034 goals/sec, serta aspek kepuasan sebesar 74,5%. Juga dilakukan pengujian user experience menggunakan User Experience Questionnaire dengan hasil aspek attractiveness, stimulation, dan novelty mendapatkan kategori excellent, sementara aspek efficiency dan dependability mendapatkan kategori good, dan aspek perspicuity mendapatkan kategori above average.

Unduhan

Diterbitkan

29 Jul 2021

Cara Mengutip

Maulidya, N. F. H., Tolle, H., & Rokhmawati, R. I. (2021). Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Survei Online Berbayar Antar Mahasiswa berbasis Mobile menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(8), 3356–3366. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9565

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...