Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Toko menggunakan Telegram Bot berbasis Web (Studi Kasus Noor Electric)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Muhammad Hafizh Andifaisa Djoko Pramono Buce Trias Hanggara

Abstrak

Noor Electric merupakan toko di Kota Malang yang menjual alat-alat kelistrikan. Sejak toko berdiri, toko mencatat transaksi secara manual dan dan pencatatan laporan bulanan manual menggunakan excel. Informasi-informasi data transaksi pada toko juga tersebar pada beberapa tempat sehingga pemilik toko kesulitan untuk mengumpulkan data transaksi. Dengan permasalahan tersebut dibuatlah sistem informasi manajemen toko. Sistem informasi dibuat pada dua platform¸ yaitu berbasis web dan bot Telegram yang memudahkan pemilik toko untuk mengelola toko melalui web maupun bot Telegram. Pengembangan sistem dilakukan dengan metode waterfall model dan MVC (Model View Controller). Sistem dibangun menggunakan bahasa PHP menggunakan Laravel sebagai kerangka web dan BotMan sebagai kerangka bot Telegram dengan MySQL sebagai basis data yang digunakan. Sistem berbasis web diakses secara lokal dan bot Telegram diakses melalui aplikasi Telegram dengan menggunakan Ngrok untuk ekspos data lokal ke internet. Hasil analisa rekayasa kebutuhan menghasilkan 19 kebutuhan fungsional dan 1 kebutuhan non-fungsional. Pengujian fungsional dilakukan dengan uji validasi menggunakan 19 prosedur uji dengan hasil seluruh prosedur uji menghasilkan data valid. Pengujian lain adalah menggunakan User Acceptance Testing dengan diberikan 16 pernyataan dengan hasil yang diperoleh berkategori setuju/baik menurut skala likert dengan nilai 78.75%. Dengan pengujian tersebut sistem informasi siap untuk digunakan oleh pemilik toko Noor Electric.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Andifaisa, M., Pramono, D., & Hanggara, B. Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Toko menggunakan Telegram Bot berbasis Web (Studi Kasus Noor Electric). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 9, p. 3662-3669, agu. 2021. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9667>. Tanggal Akses: 07 okt. 2022
Bagian
Artikel