Rancang Bangun Sistem Pengamatan Ketinggian Air dan pH Air pada Sawah dengan Komunikasi LoRa menggunakan Metode Time Divison Multiple Access (TDMA)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Irvana Alfiyan Nur Mochammad Hannats Hanafi Ichsan Rakhmadhany Primananda

Abstrak

Sawah merupakan salah satu jenis pertanian terpenting bagi suatu negara, karena sawah sebagai tempat penyedia sumber pangan terbesar bagi rakyat indonesia. seperti halnya tanaman padi, padi merupakan tanaman semusim berumur relatif pendek. Produksi padi sendiri sangat ditentukan oleh genetik tanaman dan pengelolaan lingkungan lahan. Dalam proses pertanian padi, dibutuhkan air yang cukup dan pupuk nitrogen yang teratur pada lahan sangat diperlukan. Kurangnya pemahaman sebagian besar petani dalam mengolah lahan, merupakan salah satu permasalahan di pertanian yang dapat membuat hasil panen kurang optimal. Oleh karena itu, dibuatlah sistem monitoring dengan teknologi WSN (Wireless Sensor Network) untuk membantu memantau ketinggian air dan pH air, sehingga memudahkan petani untuk mengetahui tolak ukur ketinggian air dan nilai pH air di lahan mereka. Sistem terdiri dari 3 (tiga) node slave dan 1 (satu) node master yang bertugas melakukan sensing dan mengirimkan data ketinggian air dan pH air. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, sistem dapat mengirimkan data dari node slave ke node master menggunakan komunikasi LoRa SX1276. Perangkat tersebut mampu menjangkau area yang luas dengan konsumsi daya yang rendah dengan sinyal RSSI pada node 1 sebesar -112.88 dB, node 2 sebesar -102.76 dB, node 3 sebesar -110.1dB. Sistem juga dilengkapi dengan metode TDMA, berguna sebagai penjadwalan pengiriman data yang dapat mengurangi terjadinya data collision. Hasil dari sensing data tersebut akan ditampilkan secara berkala pada ThingSpeak.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Nur, I., Ichsan, M., & Primananda, R. Rancang Bangun Sistem Pengamatan Ketinggian Air dan pH Air pada Sawah dengan Komunikasi LoRa menggunakan Metode Time Divison Multiple Access (TDMA). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 9, p. 3695-3704, sep. 2021. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9682>. Tanggal Akses: 07 okt. 2022
Bagian
Artikel