Pengembangan Sistem Penjualan Toko Mebel berbasis Web (Studi Kasus : Karunia Jaya Damean Mebel Singosari)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Agasi Putra Septiyanto Tri Astoto Kurniawan

Abstrak

Toko Karunia Jaya Damean Mebel merupakan toko usaha yang bergerak di bidang perlengkapan rumah/furnitur yang berada di Singosari, Kabupaten Malang. Perlengkapan rumah yang dijual pada toko Karunia Jaya Damean Mebel semua berbahan dasar kayu. Permasalahan pada toko Karunia Jaya Damean Mebel yaitu lemahnya strategi penjualan. Strategi penjualan pada toko Karunia Jaya Damean Mebel masih bersifat tradisional, yaitu penyebaran informasi mengenai penjualan barang disampaikan melalui satu orang ke orang lainnya. Selain strategi penjualan, proses pemesanan barang mebel pada toko Karunia Jaya Damean Mebel pun masih bersifat tradisional, yaitu pesanan hanya dilakukan melalui media komunikasi telepon atau berkunjung langsung ke toko. Hal tersebut dapat menjadi masalah bagi pelanggan yang ingin memesan sesuai keinginan, tetapi sedang diluar kota/daerah lain, sehingga tidak memungkinkan untuk mengunjungi toko secara langsung. Sistem penjualan toko mebel berbasis web dikembangkan untuk mengatasi masalah yang ada di toko mebel Karunia Jaya Damean Mebel. Pengembangan sistem menggunakan model waterfall dengan pendekatan berorientasi objek. Sistem dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework CodeIgniter. Sistem telah sukses diuji menggunakan pengujian unit, pengujian integrasi dan pengujian validasi dengan hasil semua pengujian bernilai valid.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Septiyanto, A., & Kurniawan, T. Pengembangan Sistem Penjualan Toko Mebel berbasis Web (Studi Kasus : Karunia Jaya Damean Mebel Singosari). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 9, p. 3730-3735, sep. 2021. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9692>. Tanggal Akses: 07 okt. 2022
Bagian
Artikel