Pengembangan Sistem Manajemen Pesanan dan Pengiriman Barang pada Perusahaan Perdagangan berbasis Web (Studi Kasus: PT Arista Semesta Alam)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Emma Wahyu Sulistianingrum Denny Sagita Rusdianto Randy Cahya Wihandika

Abstrak

Kendala yang dialami oleh PT Arista Semesta Alam saat ini berkaitan dengan proses bisnis yang masih konvensional sehingga mengakibatkan kerugian pada perusahaan dari sisi waktu dan tenaga pegawai. Selain itu juga berpengaruh pada pertumbuhan konsumen yang rendah, dikhawatirkan hal ini dapat mengganggu kelangsungan usaha di masa mendatang. Proses bisnis konvensional ini meliputi proses pemesanan, pengiriman barang, dan evaluasi pengiriman. Sistem Manajemen Pesanan Dan Pengiriman Barang merupakan solusi yang tepat karena sistem ini memfasilitasi perusahaan untuk melakukan perubahan proses bisnis ke arah digital sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga pegawai. Sistem ini berbasis website sehingga dapat diakses oleh masyarakat luas dan diharapkan dapat membantu mengenalkan produk pada masyarakat sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan konsumen. Sistem manajemen pesanan dan pengiriman barang dikembangkan dengan metode waterfall yang terdiri dari tahap analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, dan pengujian. Tahap analisis kebutuhan menghasilkan kebutuhan yang diperlukan sistem. Tahap perancangan berisi perancangan sequence diagram, perancangan class diagram, perancangan database, perancangan algoritma, dan perancangan antarmuka. Pengimplementasian sistem menggunakan framework Slim 3 sebagai pendukung bagian back-end dan framework AngularJS sebagai pendukung bagian front-end. Pengujian fungsional dilakukan dengan pengujian unit, pengujian integrasi, dan pengujian validasi yang menghasilkan status passed dan status 100% valid. Pengujian non-fungsional dilakukan dengan pendekatan pengujian compatibility yang menghasilkan kompatibilitas sistem pada lima jenis browser yang berbeda.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Sulistianingrum, E., Rusdianto, D., & Wihandika, R. Pengembangan Sistem Manajemen Pesanan dan Pengiriman Barang pada Perusahaan Perdagangan berbasis Web (Studi Kasus: PT Arista Semesta Alam). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 9, p. 3736-3744, sep. 2021. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9700>. Tanggal Akses: 07 okt. 2022
Bagian
Artikel