Pengembangan Sistem B2B E-Commerce berbasis layanan dengan menggunakan MERN Stack (Studi Kasus : Recaka Parfum Surabaya)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Ilham Tubagus Arfian Tri Astoto Kurniawan

Abstrak

Recaka merupakan produsen parfum yang berdomisili di Kota Surabaya yang melakukan penjualan produk secara langsung ke konsumen serta penjualan produk untuk dijual dan dipasarkan kembali melalui distributor dan reseller (anggota). Proses bisnis yang dilakukan antara Recaka Parfum dengan anggotanya masih memiliki beberapa permasalahan yaitu kerap terjadi kekeliruan dalam mengirimkan pesanan, proses verifikasi pembayaran yang kurang efisien, sulitnya melakukan pemantauan serta pelacakan pesanan. Recaka juga harus melakukan antisipasi dalam mengintegrasikan sistem pada masing-masing usaha yang dimiliki karena Recaka juga memiliki usaha di bidang lain (barbershop dan fashion untuk pria) yang tiap-tiap sistem tersebut akan dikembangkan dengan platform yang berbeda. Sistem B2B E-Commerce berbasis layanan dikembangkan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Pengembangan sistem ini menggunakan model waterfall dengan pendekatan berorientasi objek. Sistem dikembangkan dengan menggunakan gabungan dari beberapa teknologi (stack) yang terdiri dari MongoDB sebagai database management system, Express Js sebagai back-end web framework, React Js sebagai library untuk membangun sisi antarmuka pengguna, dan Node Js sebagai runtime environment (MERN stack). Sistem yang dikembangkan telah diuji pada pengujian unit, integrasi, serta validasi yang semuanya menghasilkan nilai valid.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Arfian, I., & Kurniawan, T. Pengembangan Sistem B2B E-Commerce berbasis layanan dengan menggunakan MERN Stack (Studi Kasus : Recaka Parfum Surabaya). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 9, p. 3764-3772, sep. 2021. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9711>. Tanggal Akses: 07 okt. 2022
Bagian
Artikel