Evaluasi User Experience pada Game Marvel Super War menggunakan metode Enhanced Cognitive Walkthrough

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Muhammad Nicco Gumaisa Satrio Hadi Wijoyo Diah Priharsari

Abstrak

Marvel Super War adalah game yang dirilis oleh NetEase Games, yang termasuk dalam genre game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena). Game ini adalah hasil kolaborasi NetEase dengan Marvel Entertainment. Marvel Super War ini bisa dibilang sama seperti game-game MOBA lainnya seperti Arena of Valor dan juga Mobile Legends. Pengalaman pengguna (user experience) sangat penting untuk kesuksesan sebuah game di pasaran, terutama pada jenis aplikasi yang baru saja dirilis. Sistem yang dirancang dengan tidak baik dan tidak mudah digunakan akan membuat pengguna kesulitan mempelajari dan mengoperasikannya, sehingga akan menjadikan sistem tersebut jarang digunakan. Agar bisa mendapatkan user experience yang baik, maka perlu dilakukan sebuah evaluasi. Metode Enhanced Cognitive Walkthrough adalah metode evaluasi user experience dimana evaluator memberi tugas berbasis skenario dan beberapa pertanyaan kepada pengguna game untuk menemukan masalah yang mengganggu proses pembelajaran. Metode ini cocok digunakan pada sistem yang baru saja dirilis karena dapat menggali proses kognitif pengguna ketika pertama kali menggunakan sistem. Responden yang digunakan pada penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok, yaitu 3 responden yang belum pernah memainkan game MARVEL SUPER WAR dan 3 orang yang berpengalaman dalam memainkan game MARVEL SUPER WAR dan sering memainkan game dengan genre yang serupa. Hasil evaluasi pada game MARVEL SUPER WAR menunjukkan masalah banyak terjadi disebabkan tampilan kurang menjelaskan fungsinya (hidden) pada menu learn control. Akan tetapi, permasalahan yang muncul adalah permasalahan yang ringan dan tidak mempengaruhi fungsi utama dalam game.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Gumaisa, M., Wijoyo, S., & Priharsari, D. Evaluasi User Experience pada Game Marvel Super War menggunakan metode Enhanced Cognitive Walkthrough. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 9, p. 3807-3816, sep. 2021. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9736>. Tanggal Akses: 07 okt. 2022
Bagian
Artikel