Evaluasi dan Perancangan Prototype Perbaikan Antarmuka Sistem Informasi Administrasi Terpadu (SIAT) Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang dengan menggunakan metode WEBUSE dan Human Centered Design (HCD)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Yeni Amelia Br Tarigan Satrio Hadi Wijoyo Welly Purnomo

Abstrak

Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang memiliki aplikasi web bernama Sistem Informasi Administrasi Terpadu (SIAT). Aplikasi web tersebut memiliki beberapa permasalahan seperti penataan tabel yang kurang tepat, ukuran dari konten yang tidak sama, dan penulisan yang kurang rapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tampilan aplikasi web saat ini dan merancang perbaikan prototype yang kemudian nantinya dievaluasi guna mengurangi permasalahan yang terdapat pada aplikasi web SIAT dan menghasilkan solusi perbaikan sehingga menjadikan SIAT lebih baik lagi. Untuk mengetahui nilai usability maka dilakukan evaluasi menggunakan Web Usability Evaluation (WEBUSE) yang terdiri dari empat kategori yaitu Content, Organisation and Readability, Navigation and Links, User Interface Design dan Performance and Effectiveness. Solusi perbaikan Perancangan prototype dibuat menggunakan metode Human Centered Design (HCD) yang memiliki beberapa tahapan yaitu memahami dan menetapkan konteks pengguna, spesifikasi kebutuhan pengguna, membuat desain solusi dan melakukan evaluasi desain solusi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perancangan prototype perbaikan yang dibuat lebih baik daripada desain aplikasi web saat ini sehingga nilai usability pada tiap kategori WEBUSE mengalami kenaikan. Sebelumnya ada beberapa poin kategori WEBUSE memiliki hasil level usability poor dan moderate tetapi setelah dilakukan perbaikan, seluruh poin per kategori WEBUSE berada pada level usability good. Perancangan prototype ini menghasilkan solusi desain yang memiliki tingkat kepuasan pengguna yang lebih tinggi.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Tarigan, Y., Wijoyo, S., & Purnomo, W. Evaluasi dan Perancangan Prototype Perbaikan Antarmuka Sistem Informasi Administrasi Terpadu (SIAT) Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang dengan menggunakan metode WEBUSE dan Human Centered Design (HCD). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 9, p. 3866-3873, sep. 2021. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9757>. Tanggal Akses: 07 okt. 2022
Bagian
Artikel