Hubungan Konsentrasi Belajar dan Lingkungan Belajar ketika Siswa Melaksanakan Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II RPL SMK Negeri 8 Malang

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Wahyu Hadi Supriatmanto Admaja Dwi Herlambang Aditya Rachmadi

Abstrak

Pada situasi pembelajaran daring siswa belajar di rumah masing-masing sehingga guru sulit mengamati apakah siswa berada pada lingkungan belajar yang ideal serta bagaimana konsentrasi siswa ketika melaksanakan pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan jenis kuantitatif analisis kausalitas. Penelitian ini mencari tahu hubungan antara konsentrasi belajar dan hasil belajar, hubungan antara lingkungan belajar dan hasil belajar, dan hubungan antara konsentrasi belajar dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar dan diisi siswa secara daring. Jumlah responden sebanyak 51 siswa kelas XII SMKN 8 Malang. Penelitian ini menggunakan uji korelasi product moment untuk membuktikan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsentrasi belajar dengan hasil belajar berdasarkan pada nilai signifikansi sebesar 0,600 >0,05; (2) tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar dengan hasil belajar berdasarkan pada nilai signifikansi sebesar 0,962>0,05; (3) tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel konsentrasi belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar berdasarkan pada nilai signifikansi sebesar 0,764>0,05.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Supriatmanto, W., Herlambang, A., & Rachmadi, A. Hubungan Konsentrasi Belajar dan Lingkungan Belajar ketika Siswa Melaksanakan Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II RPL SMK Negeri 8 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 9, p. 3908-3916, sep. 2021. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9782>. Tanggal Akses: 07 okt. 2022
Bagian
Artikel