Evaluasi Website Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember menggunakan Metode Human Centered Design (HCD) dan System Usability Scale (SUS)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Ifadhatur Rohmah Satrio Hadi Wijoyo Hanifah Muslimah Az-Zahra

Abstrak

IAIN Jember merupakan salah satu perguruan tinggi yang memiliki website, website tersebut digunakan sebagai sarana dalam menyebarkan informasi yang terkait profil kampus, kegiatan perkuliahan, dan pengumuman kampus. Saat penggunaan website ditemukan beberapa permasalahan usability salah satunya terdapat menu yang tidak berfungsi atau tidak menampilkan aksi. Dengan adanya permasalahan tersebut, maka website IAIN Jember perlu dilakukan evaluasi dan adanya perbaikan terkait antarmuka yang melibatkan ketiga aspek usability menurut (ISO 9241-11 (1998)). Perbaikan akan dilakukan menggunakan metode Human Centered Design (HCD) dan Usability Testing yang terdiri dari effectiveness, efficiency dan kuesioner System Usability Scale (SUS) untuk satisfaction. Responden terdiri dari dua kelompok yaitu pihak yang berhubungan dengan IAIN Jember dan masyarakat secara umum. Adapun pada aspek effectiveness diperoleh peningkatan nilai sebesar 41,67% untuk pihak yang berhubungan dengan IAIN Jember dan 30% untuk masyarakat secara umum. Pada aspek efficiency untuk pihak yang berhubungan dengan IAIN Jember memperoleh peningkatan 68% sedangkan masyarakat secara umum memperoleh 58%. Selanjutnya aspek satisfaction yang menggunakan kuesioner System Usability Scale (SUS) diberikan kepada 20 responden dan memperoleh peningkatan sebesar 39,85. Maka dari itu dapat diketahui jika solusi desain memiliki nilai usability yang lebih baik.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Rohmah, I., Wijoyo, S., & Az-Zahra, H. Evaluasi Website Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember menggunakan Metode Human Centered Design (HCD) dan System Usability Scale (SUS). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 9, p. 3924-3933, sep. 2021. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9790>. Tanggal Akses: 07 okt. 2022
Bagian
Artikel