Perancangan Antarmuka Pengguna Sistem Pengelolaan Hasil Penilaian Siswa menggunakan Human Centered Design (Studi Kasus : SMKN 2 Bojonegoro)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Andini Ayu Larasati Hanifah Muslimah Az-Zahra Tri Afirianto

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan kondisi objek penelitian yang belum memiliki sistem untuk mengelola hasil penilaian siswa. Pihak sekolah untuk melakukan proses pengelolaan hasil penilaian siswa masih menggunakan Microsoft Excel dan Google Form. Objek penelitian yang terdiri dari 10 jurusan masing-masing memiliki tiga tingkatan kelas sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama dan tidak efektif, selain itu juga khawatir apabila dokumen hasil penilaian siswa tersebut hilang. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti membuat perancangan desain sistem informasi untuk mengelola hasil penilaian siswa. Perancangan antarmuka pengguna sistem pengelolaan hasil penilaian siswa menggunakan metode Human Centered Design (HCD). Metode HCD berguna untuk merancang desain antarmuka pengguna yang berfokus kepada kebutuhan pengguna sehingga dapat memudahkan dalam penggunaan sistemnya. Penelitian ini menghasilkan prototype high fideality yang digunakan untuk 1 pengguna (wakil kepala sekolah bidang kurikulum) dan 3 kelompok pengguna (wali kelas, guru mata pelajaran dan pembina ekstrakurikuler). Pengujian akhir menggunakan usability testing dengan penilaian System Usability Scale (SUS). Kuesioner SUS digunakan untuk menghitung tingkat usability berdasarkan sudut pandang pengguna. Hasil akhir penilaian SUS memperoleh nilai total dari seluruh pengguna yaitu 72. Hasil nilai tersebut menunjukkan bahwasanya desain bisa diterima oleh calon pengguna.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Larasati, A., Az-Zahra, H., & Afirianto, T. Perancangan Antarmuka Pengguna Sistem Pengelolaan Hasil Penilaian Siswa menggunakan Human Centered Design (Studi Kasus : SMKN 2 Bojonegoro). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 9, p. 3998-4006, sep. 2021. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9815>. Tanggal Akses: 07 okt. 2022
Bagian
Artikel