Evaluasi Penerapan Pembelajaran Daring pada SMK Negeri 7 Malang dengan Model Evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Syinthia Dwi Fortuna Satrio Hadi Wijoyo Admaja Dwi Herlambang

Abstrak

Surat edaran menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 4 tahun 2020 mengenai kebijakan pendidikan selama pandemi Covid-19, memuat himbauan agar pembelajaran dilaksanakan secara daring. Kondisi inilah yang melatarbelakangi pelaksanaan evaluasi penerapan pembelajaran daring di SMKN 7 Malang yang berdasarkan keterangan pihak sekolah belum pernah melaksankan pembelajaran daring sebelumnya. Evaluasi pembelajaran berguna untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan program pembalajaran daring di SMKN 7 Malang menggunakan evaluasi model CIPP (Context, Input, Process, Product). Melalui penelitian ini diharapkan SMKN 7 Malang dapat menemukan informasi untuk mendukung peningkatan kualitas program pembelajaran yang akan dikembangkan selanjutnya. Penelitian ini memuat hasil evaluasi berdasarkan aspek evaluasi konteks, input, proses, serta produk yang mana dalam setiap aspek memberikan informasi seputar keterlaksanaan program pembelajaran daring di SMKN 7 Malang beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Fortuna, S., Wijoyo, S., & Herlambang, A. Evaluasi Penerapan Pembelajaran Daring pada SMK Negeri 7 Malang dengan Model Evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 9, p. 4015-4025, sep. 2021. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9834>. Tanggal Akses: 07 okt. 2022
Bagian
Artikel