Pengembangan Aplikasi E-Order Service berbasis Website dengan memanfaatkan Payment Gateway (Studi Kasus : Hotel Lava View)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Irwan Kurniawan Issa Arwani Tibyani Tibyani

Abstrak

Hotel Lava View merupakan hotel non-bintang yang terletak di daerah wisata bromo tengger semeru tepatnya di daerah jawa timur kabupaten probolinggo. Hotel Lava View belum sepenuh nya menerapkan protokol kesahatan yang sesuai dengan standart (WTTC) salah satu contohnya adalah penggunaan buku menu yang tidak steril dan digunakan bergantian oleh beberapa pelanggan serta sistem pembayaran yang tidak mengharuskan pelanggan untuk melakukan transaksi secara digital dapat memicu penyebaran virus corona. Untuk mendukung kebijakan protokol kesehatan tersebut maka dibutuhkan inovasi dalam proses pemesanan makanan,inovasi yang dapat dilakukan dengan membuat sistem pemesanan melalui E-Order yang akan digunakan oleh pelanggan Hotel Lava View sehingga penggunaan buku menu tidak lagi di perlukan , serta sistem pembayaran yang akan dilakukan secara online melalui payment gateway yang akan terintegrasi dengan website pemesanan makanan. Aplikasi ini dikembangkan dengan metode waterfall untuk bahasa pemrograman menggunakan PHP dan framework codeigniter. Proses pengembangan aplikasi dimulai dari analsis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi sistem serta pengujian sistem. Metode pengujian yang dilakukan yaitu black box testing, compability testing, dan usability testing. Hasil Pengujian pada aplikasi ini menunjukkan adanya kesinambungan dengan rancangan sistem serta aplikasi dapat berjalan pada beberapa browser.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Kurniawan, I., Arwani, I., & Tibyani, T. Pengembangan Aplikasi E-Order Service berbasis Website dengan memanfaatkan Payment Gateway (Studi Kasus : Hotel Lava View). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 9, p. 4095- 4103, sep. 2021. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9863>. Tanggal Akses: 07 okt. 2022
Bagian
Artikel