Klasifikasi Email berdasarkan Tingkat Kepentingannya dengan menggunakan Metode Naive Bayes (Studi Kasus : PT. Green Air Pacific Surabaya)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Kevin Nastatur Chatriavandi Bayu Rahayudi Randy Cahya Wihandika

Abstrak

Pada PT. Green Air Pacific Surabaya jumlah pesan email yang diterima rata - rata sekitar 200 – 700 pesan perhari. Sehingga mengakibatkan email yang masuk akan saling bertumpukan, hal ini dapat menyulitkan proses pengelolaan pesan email yang dianggap penting. Penelitian ini mengklasifikasikan email berdasarkan tingkat kepentingannya menggunakan metode Naive Bayes. Metode pembobotan kata yang digunakan pada dasarnya adalah TF (Term Frequency) kemudian dilakukan normalisasi menjadi pembobotan WIDF (Weighted Inverse Document Frequency). Untuk mendapatkan indeks kata yang lebih baik maka dilakukan modifikasi pembobotan kata dengan menambahkan bobot kata apabila kata tersebut termasuk ke dalam daftar term yang telah ditentukan. Selain itu pengujian dalam penelitian ini dilakukan terhadap judul email, isi email dan juga judul serta isi email. Dari hasil pengujian didapatkan bahwa sistem mengklasifikasikan data email dengan cukup baik. Dapat dibuktikan pada hasil performa tertinggi dengan nilai akurasi sebesar 98,67% , precision sebesar 100% dan f-measure sebesar 98,99% pada parameter penggunaan judul email, pembobotan TF, modifikasi TF dan modifikasi WIDF dengan penggunaan data latih sebanyak 240. Selain itu dari hasil pengujian dan validasi data dengan menggunakan k-fold cross validation juga memberikan rata – rata hasil performa yang tidak jauh berbeda yaitu nilai akurasi sebesar 95,56%, precision sebesar 93,86% dan f-measure sebesar 96,81%.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Chatriavandi, K., Rahayudi, B., & Wihandika, R. Klasifikasi Email berdasarkan Tingkat Kepentingannya dengan menggunakan Metode Naive Bayes (Studi Kasus : PT. Green Air Pacific Surabaya). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 9, p. 4121-4128, sep. 2021. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9864>. Tanggal Akses: 07 okt. 2022
Bagian
Artikel