Pengembangan Aplikasi Pengelolaan Penyimpanan dan Distribusi Barang berbasis Web (Studi Kasus : PT. Harrasima Inventory Logistic)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Aulia Rizki Ananda Agi Putra Kharisma Issa Arwani

Abstrak

PT. Harrasima Inventory Logistic, memiliki gudang yang tersebar di seluruh Indonesia yang berfungsi untuk menyimpan dan mendistribusikan modul-modul jaringan tersebut ke seluruh daerah operasional provider-provider yang bekerja sama. Untuk melakukan monitoring, pencatatan, dan pengelolaan proses penyimpanan, distribusi dan reparasi modul gudang masih menggunakan pencatatan secara manual. Cara ini kurang efektif disaat para stake holder seperti Customer, Supervisor, FSL, Project Manager serta Callcenter ingin mengetahui ketersediaan modul yang dimiliki oleh gudang atau data gudang belum dapat dilihat secara real time. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan membuat sebuah sistem atau aplikasi berbasis web yang dapat melakukan inventarisasi, pencatatan, pengolahan, dan pelaporan data modul yang terdapat pada gudang. Penulisan ini bertujuan untuk melakukan pengembangan aplikasi pengelolaan penyimpanan dan distribusi barang berbasis web PT. Harrasima Inventory Logistic menggunakan metode waterfall. Dari analisis kebutuhan pengembangan aplikasi pengelolaan penyimpanan dan distribusi barang PT. Harrasima Inventory Logistic menghasilkan 145 kebutuhan fungsional, 1 kebutuhan non fungsional dan 14 aktor. Dari hasil analisis kebutuhan tersebut dilakukan perancangan 57 kebutuhan fungsional dari 145 kebutuhan fungsional, yang menghasilkan 4 class controller, 17 class model pada arsitektur sistem dan 42 entitas pada struktur data sistem. Hasil pengujian unit, pengujian integrasi, dan pengujian validasi dari sistim menunjukkan 100% valid sedangkan hasil pengujian kegunaan dari sistim mendapat nilai rata-rata 75.57692 dengan predikat Excellent.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Ananda, A., Kharisma, A., & Arwani, I. Pengembangan Aplikasi Pengelolaan Penyimpanan dan Distribusi Barang berbasis Web (Studi Kasus : PT. Harrasima Inventory Logistic). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 9, p. 4139-4146, sep. 2021. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9873>. Tanggal Akses: 07 okt. 2022
Bagian
Artikel